PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER
meitafitrialina Uncategorized January 1, 2012
Kebanyakan guru sibuk dengan urusannya sendiri
dibandingkan berpikir memberikan layanan prima untuk kepentingan terbaik
siswanya.Padahal penting sekali guru memberikan contoh teladan karakter yang
dimiliki dengan ketrampilan membimbing siswa secara efektif.
Setiap siswa dapat ditumbuh kembangkan
karakternya melalui upaya conditioning ,mengkondisikan siswa untuk terbangun
karakternya melalui kegiatan pembelajaran yang dirasakan tidak
,mengekang,mengendalikan ,memanipulasi melainkan mengandung makna memberi
pengaruh ,membimbing ,menjadi kan kebiasaan.Sehingga siswa dapat menikmati
proses pembelajaran lantaran mereka ingin melakukan tugas secara sukarela bukan
karena “diwajibkan”.
Seorang guru yang diteladani memiliki kekuatan
pribadi ,atau karisma melalui integritasnya.Guru memiliki panggilan jiwa untuk
mendidik ,mengkomunikasikan dan mempraktekan nilai nilai karakter kepada siswa
sehingga mereka dapat meniru perilaku gurunya karena ingin mengikuti bukan
karena mereka “harus “patuh.Memiliki integritas ,kualitas pribadi,kompetensi
dan karakter yang unik yang membuat siswa senantiasa mendukung program yang
diberikan.Sehingga guru bersangkutan mendapatkan otoritas dari lingkungan dan
siswanya.
Seorang guru dihormati karena tindakannya,bukan
karena status atau pangkatnya.Seorang guru yang ingin menularkan “karakternya”
mempu mengambil inisiatif dalam perilaku. Bukan hanya memerintah”ini harus
dilakukan “tetapi mulai melakukan dari ririnya selanjutnya memastikan siswanya
dapat melaksanakan nilai nilai yang dilakukan sebagaimana mestinya.Efektifitas
evalusai karakter siswa tidak hanya soal buku laporan perilaku siswa .
meleinkan mereka melakukan pendekatan dari hati kehati ,jadi sahabat siswa jadi
teman curhatnya. Guru membangun relasi dan keberadaannya sangat dirasakan oleh
siswa kehadirannya sangat dirindukan.
Sebagaimana Inpres Nomor1 Tahun 2010:
Penyempurnaan kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai nilai
bangsa untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa.
Pembelajaran efektif untuk pendidikan karakter bukan soal teori tapi
keteladanan terutama dari guru..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar